Rabu, 14 Maret 2012

Contoh Soal Ulangan

MATEMATIKA
Melakukan pengerjaan hitung bilangan tiga angka
Kompetensi Dasar : 1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
Indikator : 1.1.1 Mengenal garis bilangan.
                   1.1.2 Mengurutkan bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan.
                   1.1.3 Menaksir bilangan yang ditentukan letaknya pada garis bilangan.
                   1.1.4 Menentukan pola pada barisan bilangan.
                   1.1.5 Menentukan pola bilangan segitiga dan segi empat.






Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaan hitung hitung bilangan tiga angka.
Kompetensi Dasar : 1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka.
Indikator : 1.2.1 Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan.
                   1.2.2 Menuliskan bilangan dalam bentuk panjang.
                   1.2.3 Membandingkan dua bilangan tiga angka.
                   1.2.4 Melakukan pengerjaan hitung penjumlahan tanpa dan dengan teknik
                            menyimpan.
                   1.2.5 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan.
                   1.2.6 Melakukan pengerjaan hitung pengurangan tanpa dan dengan teknik meminjam.


Kompetensi Dasar : 1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan  tiga angka.
Indikator : 1.3.1 Mengingat fakta dasar perkalian dan pembagian sampai 100.
 1.3.2 Melakukan pengerjaan hitung perkalian tanpa dan dengan teknik menyimpan.
 1.3.3 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
 1.3.4 Melakukan pengerjaan hitung pembagian tanpa dan dengan teknik meminjam.
 1.3.5 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.
Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaan hitung bilangan sampai tiga angka.
Kompetensi Dasar :     1.4 Melakukan pengerjaan hitung campuran.
Indikator :                     1.4.1 Menentukan urutan pengerjaan hitung, penjumlahan, pengurangan, perkalian,
       dan pembagian.
                                       1.4.2 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan, pengurangan,
                                              perkalian, dan pembagian.
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan ukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :  2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
Indikator :                   2.2.1 Menaksir panjang benda dan memeriksa hasil taksirannya dengan alat ukur.
                                    2.2.2 Menaksir berat benda dan memeriksa hasil taksirannya dengan alat ukur.
                                    2.2.3 Membaca tanda waktu jam, setengah jam sampai seperempat jam dalam bentuk
                                            angka atau digital.
                                    2.2.4 Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam.
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan ukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan
                                         berat.
Indikator :                  2.3.1 Menentukan hubungan antarsatuan panjang (km, m, dm, cm).
                                   2.3.2 Menentukan hubungan antarsatuan berat (kg, ons, gram).
                                   2.3.3 Menentukan hubungan antarsatuan waktu (menit, jam, hari, minggu, bulan,
                                            dan tahun).
                                   2.3.4 Menggunakan satuan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
Kerjakan soal –soal di bawah ini  !
1. 12 m = ( . . . × . . . ) dm = . . . dm
2. Jarak dua meja belajar 60 cm atau . . . dm.
3. Berat taksiran sepatumu . . ., setelah diukur . . . .
4. 4 kg = . . . ons = . . . gram
5. 3 tahun = ( . . . × . . . ) bulan = . . . bulan
6. Rina mempunyai pita sepanjang 1 m.
Rina memotong pitanya menjadi 5 sama panjang.
Berapa cm panjang setiap potongan pita?

SEMESTER II
Standar Kompetensi : 3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :  3.2 Membandingkan pecahan.
Indikator :                   3.2.1 Membandingkan nilai dua pecahan dengan gambar.
                                    3.2.2 Membandingkan nilai dua pecahan dengan garis bilangan.





Standar Kompetensi : 3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 3.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
Indikator :                  3.3.1 Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pecahan sederhana



Standar Kompetensi : 4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana.
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya.
Indikator :                  4.1.1 Menemukan sifat-sifat bangun datar persegi.
                                   4.1.2 Menggambar persegi sesuai dengan sifat-sifatnya.
            4.1.3 Menemukan sifat-sifat bangun datar persegi panjang.
                      4.1.4 Menggambar bangun datar persegi panjang sesuai dengan sifat-sifatnya.
                      4.1.5 Menemukan sifat-sifat bangun datar segitiga.
                      4.1.6 Menggambar segitiga sesuai dengan sifat-sifatnya.
                      4.1.7 Menyebutkan jenis-jenis segitiga menurut panjang, sisi, dan besar sudutnya.

Kompetensi Dasar : 4.2 Mengidentifikasikan berbagai jenis dan besar sudut.
Indikator : 4.2.1 Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua sinar atau garis yang
     berpotongan.
         4.2.2 Mengurutkan bersar sudut menurut ukurannya.
         4.2.3 Menyatakan dan membuat jenis-jenis sudut lancip, siku-siku, dan tumpul.
         4.2.4 Menyatakan sudut sebagai jarak putar.
Standar Kompetensi : 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam
      pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi panjang.
Indikator :                  5.1.1 Menemukan rumus keliling bangun datar persegi panjang.
            5.1.2 Menentukan/menghitung keliling persegi panjang dengan melibatkan satuan
        baku.
            5.1.3 Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi panjang.
                                  5.1.4 Menemukan rumus keliling bangun datar persegi.
            5.1.5 Menentukan/menghitung keliling persegi dengan melibatkan satuan baku.

Standar Kompetensi : 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam
       pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.2 Menyelesaikan luas persegi dan persegi panjang.
Indikator :      5.2.1 Menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar.
5.2.2 Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan.
5.2.3 Menemukan rumus luas bangun persegi panjang.
5.2.4 Menghitung luas persegi panjang dengan melibatkan satuan baku.
5.2.5 Menemukan rumus luas bangun persegi.
5.2.6 Menghitung luas bangun persegi dengan melibatkan satuan baku.
Standar Kompetensi : 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam
                    pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi
     panjang.
Indikator :      5.3.1 Membandingkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
5.3.2 Mengurutkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
5.3.3 Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling dan luas persegi
dan persegi panjang.
B INGGRIS
I.                    Fill right answer a,b,c or d
1.       What do you do ?
a.       Im a student                                              c. Im a nurses
b.      Im a doctor                                                 d. Im a farmer
2.       What is your name ?
a.       My name is David Beckam   c. My hooby is reading
b.      My address on jln.Bali            d. My job is Doctor
3.       Who teacher your classroom ?
a.       Mr.Gilang                    c. Mrs.Yuli
b.      Mr.Dadang                 d. Mrs.Yuni
4.       What is this ?
a.       a pensil                                                         c. mistar
b.      a book                                                          d. eraser
5.       Name – is – my – Daud
a.       Is my name Daud                                     c. My is name Daud
b.      My name is Daud                                     d. Daud is my name
6.       What is this ?
a.       Sun                                                                                c. Bisckuit
b.      Milk                                                               d. ball
7.       What the meaning of milk ?
a.       Susu                                                              c. kopi
b.      Bandrek                                                       d. Bajigur
8.       ips0095.JPGThis is …..?
a.       Hairs                                                              c. eye
b.      Nose                                                             d. foot
9.       TIGER.JPGWhat this picture ?
a.       Cat                                                                 c. Dog
b.      Lion                                                                d. dird
10.   My Favorit drink is gula asem and my favorite food is…..
a.       Cimol                                                                                                c. Pop ice
b.      Juice                                                                                 d. Milk

IPA
SMT I
1. Ciri-ciri makhluk hidup, antara lain, ....
a. besarnya tetap
b. banyaknya tetap
c. berkembang biak
d. makin kecil dan kurus
2. Agar dapat tumbuh sehat, makhluk hidup memerlukan ....
a. makanan
b. ruangan
c. rumah
d. pakaian
3. Penambahan zat makanan di dalam tanah yang diperlukan oleh tumbuhan
dilakukan dengan cara ....
a. pengairan
b. pengolahan
c. pemupukan
d. pembajakan
4. Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan; artinya, bertambah ....
a. lebar, tinggi, dan indah
b. banyak, keras, dan panjang
c. tinggi, besar, dan berat
d. tinggi, banyak, dan bagus
5. Tumbuhan berikut yang mempunyai bunga berwarna putih adalah ....
a. flamboyan
b. belimbing
c. bugenvil
d. melati
PELATIHAN ULANGAN
SEMESTER GASAL
102 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
6. Tumbuhan jagung dan padi memiliki batang ....
a. rumput c. kayu
b. basah d. pohon
7. Bentuk daun nangka dan jambu adalah ....
a. melengkung c. sejajar
b. menyirip d. menjari
8. Hewan di bawah ini yang berkaki 10 adalah ....
a. udang c. lipan
b. kalajengking d. walang sangit
9. Untuk menghindari terjadinya pencemaran udara, pabrik harus
dilengkapi dengan ....
a. lubang udara
b. ventilasi udara
c. cerobong asap
d. alat penyaring udara
10. Asap kendaraan bermotor mengandung gas ....
a. oksigen
b. nitrogen
c. karbondioksida
d. karbon monoksida
11. Udara yang tercemar dapat mengganggu kesehatan ....
a. pendengaran c. kulit
b. pencernaan d. pernapasan
12. Bahan pencemar yang banyak dihasilkan dari pembakaran sampah
adalah ....
a. debu c. abu
b. asap d. bau
13. Benda cair yang tenang permukaannya selalu ....
a. datar c. tidak tetap
b. miring d. bergelombang
14. Jika benda padat dipindahkan, maka ....
a. isinya berubah
b. bentuknya berubah
c. besarnya berubah
d. besar dan bentuknya tetap
Pelatihan Ulangan Semester Gasal 103
15. Balon yang ditiup akan mengembang
sebab ....
a. balon itu ringan
b. kulit balon tipis
c. balon terbuat dari karet
d. udara mengisi ruang dalam balon
16. Benda-benda yang mudah pecah terbuat dari ....
a. kertas c. kaca
b. besi d. plastik
17. Ringan, mudah terbakar, dan mudah hancur adalah sifat dari ....
a. kaca c. besi
b. kertas d. plastik
18. Benda tenggelam dalam air jika dorongan ke atas air ....
a. lebih besar daripada berat benda
b. lebih kecil daripada berat benda
c. sama dengan berat benda
d. tidak sama dengan berat benda
19. Tekanan air paling besar terletak di ....
a. permukaan air
b. dasar air
c. antara permukaan dan dasar air
d. semua bagian air
20. Perubahan uap air menjadi air disebut ....
a. menguap c. membeku
b. mencair d. mengembun
B. Isilah titik-titik dari soal berikut di buku tugasmu!
1. Seorang anak bertambah tinggi karena salah satu ciri makhluk hidup
ialah ....
2. Setiap makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber ....
3. Sebutir jagung yang kita tanam dapat menjadi tumbuhan jagung dewasa
karena adanya proses ....
4. Cahaya matahari dipergunakan oleh tumbuhan untuk ....
104 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
5. Ular, cacing, dan buaya bergerak dengan cara ....
6. Hewan seperti gambar di samping
mempunyai kulit ....
7. Bunga iris dan kantil mempunyai warna ....
8. Burung elang paruhnya berbentuk runcing dan tajam karena makanannya
berupa ....
9. Payung dan jas hujan harus terbuat dari bahan ....
10. Adanya aliran air sungai menunjukkan bahwa air bersifat ....
11. Gas yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bernapas adalah ....
12. Sampah atau kotoran yang dikeluarkan oleh pabrik disebut ....
13. Udara di perkotaan umumnya sudah tercemar oleh ....
14. Proses pemasakan dapat menyebabkan perubahan ....
15. Benda yang bergerak dengan cepat akan menghasilkan energi yang ....
C. Kerjakanlah soal-soal berikut di buku tugasmu!
1. Apakah perbedaan antara makhluk hidup dengan benda tak hidup?
2. Mengapa tulang-tulang pada burung umumnya berongga dan berisi
udara?
3. Bagaimana cara kita agar dapat tumbuh dengan normal dan sehat?
4. Sebutkan contoh-contoh lingkungan buatan!
5. Sebutkan hal-hal yang dapat menyebabkan perubahan pada benda!
6. Plastisin mempunyai sifat yang hampir sama dengan tanah liat.
Sebutkan sifat tersebut!
7. Mengapa orang lebih menyukai kayu jati dibandingkan dengan kayu
yang lain?
8. Mengapa sampah plastik dapat merusak lingkungan?
9. Sebutkan contoh-contoh benda yang dapat bergerak memantul!
10. Mengapa air dapat mengalir?

SMT II


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;