Rabu, 14 Maret 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika & Bahasa Indonesia Kelas 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran       :     Matematika & Bahasa Indonesia
Kelas/semester        :     IV (Empat) & V (Lima) /1 (satu)
Pertemuan ke         :    
Alokasi waktu         :     2 x 35 menit 1 x Pertemuan     
A.    Standar  Kompetensi  
      Matematika kelas 4          
1.      Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
Bahasa Indonesia kelas 5
2.      Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
B.      Kompetensi Dasar   
Matematika kelas 4          
1.      Melakukan operasi perkalian dan pembagian
        Bahasa Indonesia kelas 5
2.       Menulis surat undangan (ulang tahun,acara keagamaan, kegiatan sekolah,kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.
C.    Indikator                   
Matematika kelas 4  
               1.      Mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka
               2.      Mengalikan bilangan satu angka dengan tiga angka
Bahasa Indonesia kelas 5
1.      Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
2.      Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.
D.    Tujuan Pembelajaran
Matematika kelas 4 
1.      Mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka
2.      Mengalikan bilangan satu angka dengan  tiga angka
              Bahasa Indonesia kelas 5
1.      Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
2.      Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.
E.     Materi Ajar               
Matematika kelas 4          
1.      Operasi Hitung Bilangan
Bahasa Indonesia kelas 5
2.       Teks Undangan Resmi
F.     Metode Pembelajaran
Percobaan, tanya jawab, diskusi, latihan
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
a.      Kegiatan awal
1.      Tanya jawab tentang materi yang akan dipelajari
2.      Berdoa sebelum belajar.
3.      Pengabsenan.
b.      Kegiatan Inti
Matematika kelas 4
Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan:
1.      Melakukan percobaan dan observasi terhadap jumlah beberapa kelompok benda yang memiliki jumlah anggota yang sama banyak, analisis dan diskusi untuk dapat mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka dan bilangan satu angka dengan tiga angka
2.      Latihan dengan fasilitas soal
       Bahasa Indonesia kelas 5
1.      Memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
2.      Melengkapi surat undangan dengan tepat.
c.       Kegiatan Akhir
1.      Menyimpulkan materi
2.      Memberikan  pekerjaan rumah dan  pesan guru.
H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1.      Burhan mustaqim,Ary Astuti Ayo belajar Matematika Untuk SD kelas IV Pusat Perbukuan Departemen Nasional.
2.      Teks,Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
I.       Penilaian
1.      Teknik Penilaian                   : Tes tertulis
2.      Bentuk                                 : Uraian singkat
3.      Soal Instrumen                     : Butir-butir soal

23 september 2010     
          Mengetahui                                                                              
        Kepala Sekolah                                                                             Guru  Kelas
                                                                                                 

Iam Mariam YS.S.Pd                                                                 Gilang Biantara
NIP./
Contoh Soal
1. 8 x 12     = n, n yang benar adalah ...
2.  7 x 236  = ...
3.22 x 35    =…
4.234 x 24  =…
5.72 x 26    =…
Setiap jawaban yang benar diberi skore  2 jadi 5 x 2 = 10

Contoh Soal
1.         Menulis surat undangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;