Rabu, 28 Maret 2012 0 komentar

Contoh Naskah pidato Maulid Nabi Muhammad SAW

Contoh pidato Maulid Nabi Muhammad SAW ini sebetulnya udah di postingkan di halaman sebelumnya, tapi berhubung ada contoh pidato Maulid Nabi yang lainnya, rasanya tak salah kalu di postingan ini saya ingin berbagi kembali contoh naskah pidato Maulid Nabi ini kepada kalian yang kebetulan sedang memerlukannya.

Berikut sedikit contoh Naskah Pidato Maulid Nabi yang bisa anda unggah disini

Assalamu Alaikum wr.Wb
Bapak-bapak, Ibu-ibu, para hadirin yang saya cintai.
Tiada kata yang lebih pantas untuk kita ucapkan selain memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kepada kita segala rohmat, taufiq, dan hidayahnya. Sehingga kita masih dapat menikmati anugrah terindahnya yang ada dimuka bumi ini.
Solawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang
Bapak-bapak, Ibu-ibu, para hadirin yang saya hormati.
Pada Tanggal 12 Rabiul Awal 1431 H, bertepatan pada tangal ... seluruh kaum muslim merayakan maulid Nabi Muhammad SAW, tidak lain merupakan warisan peradaban Islam yang dilakukan secara turun temurun.

Untuk mendapatkan Contoh Naska Pidato ini secara lengkap, silahkan mendownloadnya disini Contoh Pidato Maulid Nabi
0 komentar

Contoh Naskah Puisi

GUGUSAN BINTANG

Saat ku tatap gugusan bintang di langit
Indah cahyanya damaikan hati yang pilu
Awan yang gelap tertutup sinar cintamu
Membuat semuanya terang di malam yang syahdu
Tiba-tiba bayanganmu hadir di sana
Tersenyum riang di balik gugusan bintang
Aku bawa senyuman dengan air mata
Karna semuanya hanya mimpi yang tersisa
Oh cinta engkau telah pergi jauh
Hancurkan cinta yang s'lalu ada di sini
Oh cinta aku kan s'lalu mencintaimu
Hingga namaku terukir di batu nisan
Rabu, 14 Maret 2012 0 komentar

Contoh Dongeng Buat SPKS Sakadang Kuya jeung Sakadang Monyét Maling Cabé

Sakadang Kuya jeung Sakadang Monyét Maling Cabé
Isuk-isuk sakadang kuya moyan di sisi leuwi. Keur kitu torojol sobatna nya éta Sakadang Monyét.
“Sakadang Kuya!” Sakadang Monyét ngageroan.
“Kuk!” Témbal Sakadang Kuya.
“Sakadang Kuya!”
“Kuk!”
Sakadang Monyét nyampeurkeun ka Sakadang Kuya.
“Keur naon Sakadang Kuya?”
“Ah keur kieu wé, keur moyan.”
“Ti batan cicing kitu mah mending ngala cabé, yu!”kuya.jpg
“Di mana?”
“Di kebon Patani, mangka cabéna geus bareureum.”0
“Embung, ah. Sakadang monyét mah sok gandéng.”
“Moal, moal gandéng ayeuna mah.”
“Nyaan moal gandéng?”
“Moal, nyaan moal gandéng.”
“Hayu atuh ari moal gandéng mah.”
Bring atuh Sakadang Monyét jeung Sakadang Kuya téh indit ka kebon patani. Barang tepi ka kebon, katémbong cabé pelak patani geus arasak mani bareureum euceuy. Sup duanana ka kebon. Sakadang Kuya moncor kana pager, ari Sakadang Monyét ngaluncatan pager. Terus baé ngaralaan cabé, didalahar di dinya kénéh.
Sakadang Kuya mani seuhah-seuhah baé ladaeun. Kitu deui sakadang monyét. Keur kitu, ana gorowok téh Sakadang Monyét ngagorowok.
“Seuhah lata-lata!” Maksudna mah “seuhah lada-lada”.
“Ssst, Sakadang Monyét, ulah gandéng atuh!”
Sakadang Monyét henteu ngawaro.
“Seuhah lata-lata!”
“Sakadang Monyét! Bisi kadéngéeun ku Bapa Tani.”
Tapi Sakadang Monyét api-api teu ngadéngé. Gorowok deui baé.
“Seuhah lata-lata!”
Kahariwang Sakadang Kuya kabuktian. Sora Sakadang Monyét anu tarik kadéngéeun ku Bapa Tani ti imahna, anu teu jauh ti kebonna. Bapa Tani gura-giru lumpat ka kebon. Barang nepi ka kebon, katémbong aya monyét jeung kuya keur ngaweswes bari seuhah ngadaharan cabé.
“Beunang siah nu sok malingan cabé téh!” Bapa Tani ngagorowok bari lumpat muru ka nu keur ngahakanan cabé.
Ngadéngé aya nu ngagebah, gajleng baé Sakadang Monyét ngejat, térékél kana tangkal kai.
“Sakadang Monyét, dagoan!” Sakadang Kuya ngagorowok ménta tulung. Tapi Sakadang Monyét teu maliré, teu ngalieuk-ngalieuk acan, terus lumpat gagalacangan dina tangkal kai. Ari Sakadang Kuya, puguh da teu bisa lumpat, leumpang ngadédod baé. Kerewek baé ditéwak ku Bapa Tani.
“Beunang ayeuna mah nu sok malingan cabé aing téh. Ku aing dipeuncit!” Ceuk Bapa Tani.
Kuya dibawa ka imahna, tuluy dikurungan ku kurung hayam. Angkanan Pa Tani, isukan kuya rék dipeuncit.
Peutingna, sakadang Monyét rerencepan ngadeukeutan Sakadang Kuya, nu keur cendekul dina jero kurung.
“Ssst, Sakadang Kuya, keur naon?” Sakadang Monyét nanya.
“Éh, geuning Sakadang Monyét, Puguh kuring téh keur ngararasakeun kabungah.”
“Kabungah naon Sakadang Kuya?”
“Nya éta, kuring téh rék dikawinkeun ka anak Bapa Tani.”
“Dikawinkeun ka anak Bapa Tani?”
“Enya.”
”Nu bener Sakadang Kuya?”
“Piraku atuh kuring ngabohong ka sobat.”
“Ngadéngé omongan Sakadang Kuya kitu, Sakadang Monyét ngahuleng sajongjongan.
“Kieu, Sakadang Kuya, kumaha lamun urang tukeur tempat?” ceuk Sakadang Monyét.
“Tukeur tempat kumaha?”
“Enya tukeur tempat. Sakadang kuya kaluar, kajeun kuring atuh cicing di jero kurung.”
“Ah, embung.”
“Kuring mah karunya wé ka Sakadang Kuya, sapeupeuting dikurungan.”
“Atuh meureun moal jadi dikawinkeun ka anak Bapa Tani téh.”
Sakadang monyet keukeuh maksa, supaya tukeur tempat. Antukna sakadang kuya téh éléh déét.
“Heug baé tukeur tempat, tapi aya saratna,” ceuk Sakadang Kuya.
“Naon saratna?”
“Saratna mah gampang. Saméméh anjeun asup kana kurung, kuring kudu di alungkeun heula ka leuwi.”
“Enya, énténg atuh kitu mah.”
Heunteu talangké, Sakadang Monyét ngaluarkeun Sakadang Kuya tina kurung hayam, tuluy dibawa kasisi leuwi. Lung baé Sakadang Kuya téh dialungkeun ka leuwi. Sakadang Monyét buru-buru balik deui ka imah Bapa Tani. Sup baé ngurungan manéh ku kurung hayam. Ngadedempés ngadago-dago beurang, hayang geura buru-buru dikawinkeun ka anak Bapa Tani.
Kocapkeun isukna.
“Manéhna, ka mana bedog téh? Urang asah,” ceuk Bapa Tani ka pamajikanana.
“Rék naon Bapana isuk-isuk geus ngasah bedog?”
“Itu urang meuncit kuya di pipir.”
Paguneman Bapa Tani jeung pamajikanana téh kadéngéeun ku Sakadang Monyét. Manéhna ngagebeg. Lakadalah, geuning aing téh rék dipeuncit, lain rék dikawinkeun jeung anak Bapa Tani. Rék kabur, geus kagok. Kaburu aya anak Bapa Tani nyampeurkeun. Gancang baé atuh Sakadang Monyét téh papaéhan, ngabugigag kawas bangké.
Barang srog ka dinya, anak Bapa Tani gegeroan ka bapana.
“Bapa! Bapa!”
“Aya naon, Nyai?”
“Ieu geuning nu dina kurung téh lain kuya.”
“Naon Nyai?”
“Monyét, jeung siga nu geus paéh deuih!”
Bapa Tani nu keur ngasah bedog cengkat, tuluy nyampeurkeun ka anakna. Enya baé geuning dina kurung téh aya monyét ngabugigag, lain kuya nu kamari. Kurung dibukakeun, monyét dialak-ilik.
“Naha bet jadi monyét? Jeung paéh deuih.”
“Enya, éta mani geus jeger kitu,” ceuk pamajikanana mairan.
Monyét téh dicokot ku Bapa Tani, lung baé dialungkeun jauh pisan. Barang gubrag kana taneuh, koréjat monyét téh hudang, berebet lumpat, kalacat baé naék kana tangkal kai.
0 komentar

Contoh Surat Panggilan Orangtua



PEMERINTAH KABUPATEN GARUT
DINAS PENDIDIKAN
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BAYONGBNG
SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARSARI V
GARUT


NO            : 896/……/SDN/2011
Lampiran :   -
Hal.           :   Undangan


Kepada
Yth. Bpk/Ibu Orang Tua
        dari    : …………………………….
        kelas  : …………………………….
        di
            Tempat


Sehubungan ada hal – hal yang perlu kami informasikan, maka dengan ini kami mengharapkan kehadirannya pada :

Hari/Tanggal       : Sabtu,18 Juni 2011
Waktu                   : dari jam 09.00 sampai 12.00
Tempat                 : SDN Banjarsari V

Demikian surat ini kami sampaikan, agar hadir tepat pada waktunya .






Banjarsari,.........................2011
Kepala Sekolah SDN Banjarsari V




___________________
NIP.

0 komentar

Contoh Formulir Kelulusan

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT
DINAS PENDIDIKAN
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BAYONGBONG
SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARSARI V
Alamat : Jln. Ciloa Ds Banjarsari Kec. Bayongbong Kab. Garut Kode Pos. 44162


SURAT PERNYATAAN
No.......6/......./2009


            Kepala Sekolah Dasar Negeri Banjarsari V UPTD pendidikan
        Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut menyatakan bahwa :         
                     Nama Siswa                   :  NOVI KUSMAWANTI
                     Tempat tanggal Lahir     :  Garut,26 November 1996
                     Nomor Induk                 :  03040501
Dinyatakan :

       



                        LULUS / TIDAK LULUS
 
 




Dalam Ujian Akhir Berstandar Nasional
Tahun Pelajaran 2008 -2009


Banjarsari I, ….. . Juni 2009
Kepala SD Negeri Banjarsari V



__________________
NIP
0 komentar

Contoh Surat Keterangan


PEMERINTAH KABUPATEN GARUT
DINAS PENDIDIKAN
UPTD PENDIDIKAN DASAR KECAMATAN BAYONGBONG
SDN BANJARSARI V
Alamat : Kp. Ciloa   Desa Banjarsari   Kecamatan Bayongbong  Kabupaten Garut 44162
 


SURAT KEPUTUSAN
KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARSARI V
Nomor             : 824.01/SD-57/ 2011

Tentang
PENGANGKATAN GURU HONORER
SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARSARI V

Menimbang      :  1.   Bahwa dalam rangka kelancaran proses belajar mengajar di SD Negeri Banjarsari V perlu mengangkat guru sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
2.      Bahwa guru yang tercantum dalam Surat Keputusan ini dipandang mampu dan layak  untuk diangkat menjadi sebagai Guru Tidak Tetap (GTT) di SD Negeri Banjarsari V dan mengajar sesuia dengan bidangnya.

Mengingat        :  1.   Undang-undang No. 2 tahun 2005 tentang Pendidikan Nasional.
2.      Anggaran Pendapatan dan Belanja sekolah SD Negeri BANJARSARI V

Memperhatikan   :     Keputusan Rapat Pengurus Komite Sekolah Tanggal 08 Agustus 2011

MEMUTUSKAN
Menetapkan    :

PERTAMA      :     Mengangkat                 :
                                 Nama                        
                                 Tempat Tgl.lahir       :
                                 Pendidikan                :

KEDUA           :     Surat Keputusan ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

KETIGA          :     Bahwa honor yang diberikan sesuai kemampuan keuangan sekolah.

KEEMPAT       :     Apabila terdapat kekeliruan dalam surat keputusan ini, akan dibetulkan sebagaimana mestinya.

KELIMA          :     Surat Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan untuk masa satu tahun pelajaran.


Ditetapkan di  : Banjarsari
Pada Tanggal  : 08 Agustus 2011

Kepala Sekolah
SD Negeri Banjarsari V





_____________________


TEMBUSAN :
Kepala UPTD Pendas Kec. Bayongbong
0 komentar

Contoh Soal Ulangan

MATEMATIKA
Melakukan pengerjaan hitung bilangan tiga angka
Kompetensi Dasar : 1.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
Indikator : 1.1.1 Mengenal garis bilangan.
                   1.1.2 Mengurutkan bilangan dan menentukan posisinya pada garis bilangan.
                   1.1.3 Menaksir bilangan yang ditentukan letaknya pada garis bilangan.
                   1.1.4 Menentukan pola pada barisan bilangan.
                   1.1.5 Menentukan pola bilangan segitiga dan segi empat.






Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaan hitung hitung bilangan tiga angka.
Kompetensi Dasar : 1.2 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka.
Indikator : 1.2.1 Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan.
                   1.2.2 Menuliskan bilangan dalam bentuk panjang.
                   1.2.3 Membandingkan dua bilangan tiga angka.
                   1.2.4 Melakukan pengerjaan hitung penjumlahan tanpa dan dengan teknik
                            menyimpan.
                   1.2.5 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan.
                   1.2.6 Melakukan pengerjaan hitung pengurangan tanpa dan dengan teknik meminjam.


Kompetensi Dasar : 1.3 Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan  tiga angka.
Indikator : 1.3.1 Mengingat fakta dasar perkalian dan pembagian sampai 100.
 1.3.2 Melakukan pengerjaan hitung perkalian tanpa dan dengan teknik menyimpan.
 1.3.3 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
 1.3.4 Melakukan pengerjaan hitung pembagian tanpa dan dengan teknik meminjam.
 1.3.5 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.
Standar Kompetensi : 1. Melakukan pengerjaan hitung bilangan sampai tiga angka.
Kompetensi Dasar :     1.4 Melakukan pengerjaan hitung campuran.
Indikator :                     1.4.1 Menentukan urutan pengerjaan hitung, penjumlahan, pengurangan, perkalian,
       dan pembagian.
                                       1.4.2 Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan, pengurangan,
                                              perkalian, dan pembagian.
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan ukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :  2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
Indikator :                   2.2.1 Menaksir panjang benda dan memeriksa hasil taksirannya dengan alat ukur.
                                    2.2.2 Menaksir berat benda dan memeriksa hasil taksirannya dengan alat ukur.
                                    2.2.3 Membaca tanda waktu jam, setengah jam sampai seperempat jam dalam bentuk
                                            angka atau digital.
                                    2.2.4 Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam.
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan ukuran waktu, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan
                                         berat.
Indikator :                  2.3.1 Menentukan hubungan antarsatuan panjang (km, m, dm, cm).
                                   2.3.2 Menentukan hubungan antarsatuan berat (kg, ons, gram).
                                   2.3.3 Menentukan hubungan antarsatuan waktu (menit, jam, hari, minggu, bulan,
                                            dan tahun).
                                   2.3.4 Menggunakan satuan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
Kerjakan soal –soal di bawah ini  !
1. 12 m = ( . . . × . . . ) dm = . . . dm
2. Jarak dua meja belajar 60 cm atau . . . dm.
3. Berat taksiran sepatumu . . ., setelah diukur . . . .
4. 4 kg = . . . ons = . . . gram
5. 3 tahun = ( . . . × . . . ) bulan = . . . bulan
6. Rina mempunyai pita sepanjang 1 m.
Rina memotong pitanya menjadi 5 sama panjang.
Berapa cm panjang setiap potongan pita?

SEMESTER II
Standar Kompetensi : 3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :  3.2 Membandingkan pecahan.
Indikator :                   3.2.1 Membandingkan nilai dua pecahan dengan gambar.
                                    3.2.2 Membandingkan nilai dua pecahan dengan garis bilangan.





Standar Kompetensi : 3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 3.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
Indikator :                  3.3.1 Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pecahan sederhana



Standar Kompetensi : 4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana.
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat dan unsurnya.
Indikator :                  4.1.1 Menemukan sifat-sifat bangun datar persegi.
                                   4.1.2 Menggambar persegi sesuai dengan sifat-sifatnya.
            4.1.3 Menemukan sifat-sifat bangun datar persegi panjang.
                      4.1.4 Menggambar bangun datar persegi panjang sesuai dengan sifat-sifatnya.
                      4.1.5 Menemukan sifat-sifat bangun datar segitiga.
                      4.1.6 Menggambar segitiga sesuai dengan sifat-sifatnya.
                      4.1.7 Menyebutkan jenis-jenis segitiga menurut panjang, sisi, dan besar sudutnya.

Kompetensi Dasar : 4.2 Mengidentifikasikan berbagai jenis dan besar sudut.
Indikator : 4.2.1 Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua sinar atau garis yang
     berpotongan.
         4.2.2 Mengurutkan bersar sudut menurut ukurannya.
         4.2.3 Menyatakan dan membuat jenis-jenis sudut lancip, siku-siku, dan tumpul.
         4.2.4 Menyatakan sudut sebagai jarak putar.
Standar Kompetensi : 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam
      pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.1 Menghitung keliling persegi dan persegi panjang.
Indikator :                  5.1.1 Menemukan rumus keliling bangun datar persegi panjang.
            5.1.2 Menentukan/menghitung keliling persegi panjang dengan melibatkan satuan
        baku.
            5.1.3 Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling persegi panjang.
                                  5.1.4 Menemukan rumus keliling bangun datar persegi.
            5.1.5 Menentukan/menghitung keliling persegi dengan melibatkan satuan baku.

Standar Kompetensi : 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam
       pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.2 Menyelesaikan luas persegi dan persegi panjang.
Indikator :      5.2.1 Menjelaskan luas sebagai daerah dari bidang datar.
5.2.2 Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan.
5.2.3 Menemukan rumus luas bangun persegi panjang.
5.2.4 Menghitung luas persegi panjang dengan melibatkan satuan baku.
5.2.5 Menemukan rumus luas bangun persegi.
5.2.6 Menghitung luas bangun persegi dengan melibatkan satuan baku.
Standar Kompetensi : 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam
                    pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi
     panjang.
Indikator :      5.3.1 Membandingkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
5.3.2 Mengurutkan luas berbagai bangun persegi dan persegi panjang.
5.3.3 Memecahkan masalah yang berhubungan dengan keliling dan luas persegi
dan persegi panjang.
B INGGRIS
I.                    Fill right answer a,b,c or d
1.       What do you do ?
a.       Im a student                                              c. Im a nurses
b.      Im a doctor                                                 d. Im a farmer
2.       What is your name ?
a.       My name is David Beckam   c. My hooby is reading
b.      My address on jln.Bali            d. My job is Doctor
3.       Who teacher your classroom ?
a.       Mr.Gilang                    c. Mrs.Yuli
b.      Mr.Dadang                 d. Mrs.Yuni
4.       What is this ?
a.       a pensil                                                         c. mistar
b.      a book                                                          d. eraser
5.       Name – is – my – Daud
a.       Is my name Daud                                     c. My is name Daud
b.      My name is Daud                                     d. Daud is my name
6.       What is this ?
a.       Sun                                                                                c. Bisckuit
b.      Milk                                                               d. ball
7.       What the meaning of milk ?
a.       Susu                                                              c. kopi
b.      Bandrek                                                       d. Bajigur
8.       ips0095.JPGThis is …..?
a.       Hairs                                                              c. eye
b.      Nose                                                             d. foot
9.       TIGER.JPGWhat this picture ?
a.       Cat                                                                 c. Dog
b.      Lion                                                                d. dird
10.   My Favorit drink is gula asem and my favorite food is…..
a.       Cimol                                                                                                c. Pop ice
b.      Juice                                                                                 d. Milk

IPA
SMT I
1. Ciri-ciri makhluk hidup, antara lain, ....
a. besarnya tetap
b. banyaknya tetap
c. berkembang biak
d. makin kecil dan kurus
2. Agar dapat tumbuh sehat, makhluk hidup memerlukan ....
a. makanan
b. ruangan
c. rumah
d. pakaian
3. Penambahan zat makanan di dalam tanah yang diperlukan oleh tumbuhan
dilakukan dengan cara ....
a. pengairan
b. pengolahan
c. pemupukan
d. pembajakan
4. Setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan; artinya, bertambah ....
a. lebar, tinggi, dan indah
b. banyak, keras, dan panjang
c. tinggi, besar, dan berat
d. tinggi, banyak, dan bagus
5. Tumbuhan berikut yang mempunyai bunga berwarna putih adalah ....
a. flamboyan
b. belimbing
c. bugenvil
d. melati
PELATIHAN ULANGAN
SEMESTER GASAL
102 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
6. Tumbuhan jagung dan padi memiliki batang ....
a. rumput c. kayu
b. basah d. pohon
7. Bentuk daun nangka dan jambu adalah ....
a. melengkung c. sejajar
b. menyirip d. menjari
8. Hewan di bawah ini yang berkaki 10 adalah ....
a. udang c. lipan
b. kalajengking d. walang sangit
9. Untuk menghindari terjadinya pencemaran udara, pabrik harus
dilengkapi dengan ....
a. lubang udara
b. ventilasi udara
c. cerobong asap
d. alat penyaring udara
10. Asap kendaraan bermotor mengandung gas ....
a. oksigen
b. nitrogen
c. karbondioksida
d. karbon monoksida
11. Udara yang tercemar dapat mengganggu kesehatan ....
a. pendengaran c. kulit
b. pencernaan d. pernapasan
12. Bahan pencemar yang banyak dihasilkan dari pembakaran sampah
adalah ....
a. debu c. abu
b. asap d. bau
13. Benda cair yang tenang permukaannya selalu ....
a. datar c. tidak tetap
b. miring d. bergelombang
14. Jika benda padat dipindahkan, maka ....
a. isinya berubah
b. bentuknya berubah
c. besarnya berubah
d. besar dan bentuknya tetap
Pelatihan Ulangan Semester Gasal 103
15. Balon yang ditiup akan mengembang
sebab ....
a. balon itu ringan
b. kulit balon tipis
c. balon terbuat dari karet
d. udara mengisi ruang dalam balon
16. Benda-benda yang mudah pecah terbuat dari ....
a. kertas c. kaca
b. besi d. plastik
17. Ringan, mudah terbakar, dan mudah hancur adalah sifat dari ....
a. kaca c. besi
b. kertas d. plastik
18. Benda tenggelam dalam air jika dorongan ke atas air ....
a. lebih besar daripada berat benda
b. lebih kecil daripada berat benda
c. sama dengan berat benda
d. tidak sama dengan berat benda
19. Tekanan air paling besar terletak di ....
a. permukaan air
b. dasar air
c. antara permukaan dan dasar air
d. semua bagian air
20. Perubahan uap air menjadi air disebut ....
a. menguap c. membeku
b. mencair d. mengembun
B. Isilah titik-titik dari soal berikut di buku tugasmu!
1. Seorang anak bertambah tinggi karena salah satu ciri makhluk hidup
ialah ....
2. Setiap makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber ....
3. Sebutir jagung yang kita tanam dapat menjadi tumbuhan jagung dewasa
karena adanya proses ....
4. Cahaya matahari dipergunakan oleh tumbuhan untuk ....
104 Ilmu Pengetahuan Alam 3 untuk SD dan MI
5. Ular, cacing, dan buaya bergerak dengan cara ....
6. Hewan seperti gambar di samping
mempunyai kulit ....
7. Bunga iris dan kantil mempunyai warna ....
8. Burung elang paruhnya berbentuk runcing dan tajam karena makanannya
berupa ....
9. Payung dan jas hujan harus terbuat dari bahan ....
10. Adanya aliran air sungai menunjukkan bahwa air bersifat ....
11. Gas yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bernapas adalah ....
12. Sampah atau kotoran yang dikeluarkan oleh pabrik disebut ....
13. Udara di perkotaan umumnya sudah tercemar oleh ....
14. Proses pemasakan dapat menyebabkan perubahan ....
15. Benda yang bergerak dengan cepat akan menghasilkan energi yang ....
C. Kerjakanlah soal-soal berikut di buku tugasmu!
1. Apakah perbedaan antara makhluk hidup dengan benda tak hidup?
2. Mengapa tulang-tulang pada burung umumnya berongga dan berisi
udara?
3. Bagaimana cara kita agar dapat tumbuh dengan normal dan sehat?
4. Sebutkan contoh-contoh lingkungan buatan!
5. Sebutkan hal-hal yang dapat menyebabkan perubahan pada benda!
6. Plastisin mempunyai sifat yang hampir sama dengan tanah liat.
Sebutkan sifat tersebut!
7. Mengapa orang lebih menyukai kayu jati dibandingkan dengan kayu
yang lain?
8. Mengapa sampah plastik dapat merusak lingkungan?
9. Sebutkan contoh-contoh benda yang dapat bergerak memantul!
10. Mengapa air dapat mengalir?

SMT II


 
;